Selasa, 24 April 2012

Kalangan Artis Prihatin dengan Lagu Anak-anak


Maudy Koesnaedi (VIVAnews/ Muhamad Solihin)
Kalangan artis mengaku prihatin dengan perkembangan lagu-lagu anak yang berkembang selama ini di tanah air. Tak jarang, anak kecil menyanyikan lagu-lagu yang sebetulnya ditujukan untuk kalangan dewasa. 
Keprihatian itu setidaknya ditujukan oleh penyanyi Astrid dan artis Maudy Koenaedi. Bahkan, Astrid yang selama ini dikenal sebagai penyanyi lagu-lagu bertemakan cinta, merasa tertantang untuk menyanyikan lagu anak-anak.

"Kalau orang dewasa menyanyikan bintang itukan agak susah membayangkannya, tapi itu tantangannya. Bagaimana caranya supaya anak-anak mengerti maksud kita dengan cara pembawaan kita saat menyanyi," kata Astrid saat ditemui di peluncuran album 'Ambilkan Bulan' di Djakarta Theater, Senin 23 April 2012.

Astrid merupakan salah satu musisi yang ikut terlibat dalam penggarapan album Ambilkan Bulan. Keterlibatannya itu didasari rasa prihatin dengan anak-anak generasi sekarang.

"Sekarang anak-anak lebih suka nyanyiin lagu ibunya, kakaknya yang bukan lagu anak. kalau mereka nyanyiin lagu itu aku miris banget,"ujarnya.

Astrid dan beberapa musisi lainnya seperti Tangga, Sheila On 7, dan masih banyak lagi, senang ikut terlibat menyanyikan lagu anak-anak karya ciptaan A.T. Mahmud di album 'Ambilkan Bulan' . Astrid menyanyikan lagu berjudul 'Bintang Kejora' yang merupakan lagu kesukaannya pada waktu kecil.

"Udah lama dan memang pengen nyanyiin lagu anak-anak, karena memang sekarang enggal ada lagu anak yang layak dikonsumsi anak-anak. Ini bagus sekali."tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, aktris Maudy Koesnadi juga mengaku cukup protektif dalam mendidik anaknya di masa seperti saat ini. Meski anaknya memiliki darah Belanda, Maudy tetap mengutamakan agar anaknya dapat memahami budaya Indonesia. Termasuk lagu-lagu daerah.

"Dia hafal lagu cublak-cublak suweng sama gundul-gundul pacul. Saya pilih sekolah yang memang masih mengajarkan lagu-lagu seperti itu," ujarnya. 

Maudi mengaku dia membatasi anaknya dalam mendengarkan lagu-lagu orang dewasa yang banyak dinyanyikan anak-anak saat ini. Tak hanya itu, tontonan anaknya pun disesuaikan dengan tayangan seusianya.

"Enggak dibolehin ya, kecuali lagu bapak ibunya dimobil lagi diputerin, dia tau tapi dia belum bisa nyanyiin. Dia juga nonton TV hanya diperbolehkan untuk anak-anak,"ujarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar