Selasa, 24 April 2012

Chelsea Ingin Kubur Ambisi Barca Cetak Rekor


Barcelona menghadapi pertaruhan besar saat menghadapi Chelsea di Camp Nou, Selasa 24 April 2012 atau Rabu dini hari WIB. Pasukan Pep Guardiola mengalami dua kekalahan beruntun dari Chelsea di leg pertama semifinal Liga Champions (0-1) dan terakhir dari Real Madrid (1-2), di El Clasico La Liga.
Chelsea vs Barcelona (REUTERS/Albert Gea)
Barca wajib meraih kemenangan saat menghadapi Chelsea. Tak cukup menang, mereka harus sanggup mencetak minimal 2 gol tanpa kebobolan jika ingin melaju ke partai final. Menang dengan skor 2-1 atau 3-2 saja  tak bisa meloloskan Alzugrana, karena Chelsea akan memiliki keunggulan gol tandang.
Selain bernafsu ingin menjadi tim pertama yang sanggup mempertahankan gelar di era Liga Champions, Barca juga dihadapkan pada kenyataan lain. Jika gagal menyingkirkan Chelsea, Barca terancam tanpa gelar musim ini karena di La Liga mereka sudah tertinggal 7 poin dari Real Madrid. Barca memang masih memiliki peluang menjuarai Copa del Rey. Namun, Athletic Bilbao jelas bukan lawan yang mudah ditaklukkan begitu saja.
Pelatih Barca, Pep Guardiola berharap timnya bisa memberikan respon setelah mengalami dua kekalahan beruntun. "Kita akan lihat apakah 2 kekalahan ini telah mempengaruhi kami. Kami harus istirahat sekarang dan kemudian bangkit dan melihat apakah kami bisa mendapatkan cara untuk mengalahkan Chelsea," kata Guardiola seperti dilansir The Age.
Jika kembali kalah, Barca akan mengulang rekor buruk tahun 2003. Saat itu mereka kalah 3 kali beruntun yakni di tangan Valencia, Celta Vigo, dan Atletico Madrid.
Strategi ‘Parkir Bus’?
Saat menang 1-0 di Stamford Bridge pertengahan pekan lalu, Chelsea menggunakan strategi 'parkir bus'. The Blues sengaja menumpuk pemain di area pertahanan untuk menghadang gempuran bertubi-tubi Los Azulgranas.
Menarik disimak apakah The Blues akan kembali menggunakan taktik tersebut di Camp Nou. Banyak yang beranggapan taktik tersebut tak akan bisa dipakai karena Camp Nou memiliki ukuran lapangan yang lebih luas. Namun, mantan pelatih timnas Inggris Terry Venables justru menyarankan agar Chelsea menggunakan taktik serupa.
“Masih bisa, sejumlah pihak bilang Chelsea tidak akan sanggup mencegah Barcelona karena lapangan di sana lebih luas. Bagi saya itu bukan soal," tulis Venables dalam kolom The Sun, Sabtu 21 April 2012.
"Intinya Chelsea akan mementahkan serangan Barcelona dari area tengah, seperti yang telah mereka lakukan. Lalu lawan akan mencoba bermain melebar dan melepaskan umpan silang yang bakal dilahap oleh dua menara pertahanan John Terry serta Gary Cahill. Hal itu pula yang membuat tim asuhan Pep Guardiola selalu mengoper bola ke belakangan saat mereka sudah siap memberikan umpan lambung dari sisi lapangan" tulisnya lagi.
Pendapat berbeda diungkapkan oleh mantan kiper Manchester United, Edwin van Der Sar. Menurut kiper asal Belanda itu strategi ‘parkir bus’ tak akan ampuh di Camp Nou. Dia justru berpendapat Chelsea akan kalah dengan skor telak jika menerapkan strategi serupa.
“Saya senang tim yang tampil menyerang. Chelsea tak melakukan apa pun kecuali bertahan dengan 9 pemain dan menumpuk banyak pemain di tengah lapangan,” tutur Van der Sar.
“Namun hal ini akan berakhir sekarang. Saya prediksikan Chelsea akan kalah dengan skor telak. Kemungkinan Barca bisa menang 5-1. Chelsea hanya akan memiliki satu tendangan ke gawang, dan mereka mencetak gol,” lanjut pria 41 tahun itu.
Chelsea punya alasan tampil pede di Camp Nou. Sebab, The Blues memiliki rekor bagus di stadion berkapasitas hampir 100 ribu itu. Dalam 3 lawatan terakhir ke Camp Nou, Chelsea tak pernah kalah. Terakhir mereka menahan imbang Barcelona tanpa gol pada leg pertama semifinal Liga Champions 2008/2009.
"Kami selalu melakukan tugas yang bagus jika bermain di sana (Camp Nou), dan kami harus memproduksi penampilan yang sama di leg kedua. Sangat penting bisa mencetak gol tandang, mudah-mudahan kami bisa melakukannya," kata kiper Chelsea, Petr Cech seperti dilansir Sky Sports.
"Kami memiliki sejumlah hasil bagus menghadapi Barcelona di masa lalu dan kami harus menggunakan pengalaman itu. Kami membuat sulit buat mereka, dan kami harus bermain dengan cara yang sama di leg kedua," lanjutnya.
Pique Siap Tampil
Beruntung, Barcelona akan mendapatkan tenaga baru dalam menghadapi partai hidup-mati ini. Bek andalan mereka, Gerard Pique sudah bisa kembali tampil. Sebelumnya Pique mengalami cedera bisep femoris di paha kiri dan absen saat Barca dikalahkan Chelsea di leg pertama.
Dengan kembalinya Pique, entrenador Pep Guardiola bisa berlega hati, karena tanpa dirinya, pertahanan Barca sedikit melemah. Ini dibuktikan dengan mudahnya Didier Drogba dan Cristiano Ronaldo menembus pertahanan Barca.
Sementara itu kabar kurang baik justru dihadapi Chelsea. Didier Drogba yang menciptakan gol kemenangan di Stamford Bridge mengalami cedera lutut yang didapatnya pada laga leg pertama lalu. Manajer Chelsea, Roberto Di Matteo sendiri belum tahu apakah Drogba siap tampil di Camp Nou atau tidak.
“Sampai saat ini, saya tak bisa memastikan Drogba bisa bisa fit pada waktunya di kandang Barca. Kami akan membuat pemain fokus menatap laga melawan Barca. Untuk Drogba, kami juga terus memantau kondisinya apakah siap diturunkan atau tidak," kata Di Matteo kepada The Guardian. 
Prediksi Susunan Pemain:
Barcelona: Victor Valdes; Daniel Alves, Carles Puyol, Gerard Pique, Adriano; Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Andres Iniesta; Alexis Sanchez, Lionel Messi, Pedro Rodriguez
Chelsea: Petr Cech; Branislav Ivanovic, Gary Cahill, John Terry, Ashley Cole; John Obi Mikel, Raul Meireles; Ramires, Frank Lampard, Juan Mata; Fernando Torres

Tidak ada komentar:

Posting Komentar