Senin, 16 April 2012

Wow! Hongkong Bikin Kapal Pesiar Futuristik Bisa Dikontrol via iPad





Kapal pesiar mewah (superyacht) dengan model futuristik diluncurkan di Hong Kong, kemarin. Kapal canggih seharga $ 15 juta (Rp.137 miliar ) itu bernama Trimaran Adastra, dibuat khusus untuk pasangan Hong Kong Anto dan Elaine Marden.

Dengan berat 52 ton, kapal supermewah ini memiliki jangkauan 4000 mil laut pada 17 knot – cukup untuk perjalanan dari Inggris ke New York, dengan kecepatan maksimum 22,5 knot.

Kapal ini digambarkan sebagai “salah satu kapal pesiar yang paling menakjubkan di dunia, yang bisa mengeja masa depan untuk jelajah jarak panjang yang efisien”.

Kapal ini memiliki fitur yang Hi-tech mencakup kemampuan untuk dikendalikan dari sebuah iPad dalam jarak 50 meter. Kapal ini memiliki lebar 42,5 meter dan panjang 16 meter.


Dirancang oleh West Sussex berbasis Shuttleworth Desain Yacht Yohanes, itu dibangun oleh Boats McConaghy di Zhu Ha, China.

Superyacht Trimaran Adastra memiliki ruang untuk sembilan tamu dengan enam awak, dan memiliki lounge serta area bar dan ruang makan.

Suprastruktur perahu dibangun dari serat karbon dengan inti sarang lebah, yang mampu mengurangi berat kapal, dengan lambung terbuat dari kaca dan kevlar, dan interior terbuat dari kayu ek.

Trimaran Adastra memerlukan penyelesaian 5 tahun pembangunannya, termasuk tahap desain.


Kapal Futuristik Bisa Dikontrol via iPad


Era baru kapal pesiar telah dimulai. Selasa lalu (10/4) Tiongkok memperkenalkan kapal pesiar canggih alias superyacht Adastra. Sejumlah media menjuluki kapal trimaran (memiliki tiga lambung) tersebut sebagai salah satu kapal pesiar paling menakjubkan di dunia. Wujud atau penampilannya malah lebih mirip pesawat angkasa luar.

Daily Mail kemarin (12/4) memberitakan bahwa proses pembuatan Adastra memakan waktu sekitar lima tahun. Mulai dari perencanaan hingga perakitan. Pembuatan kapal pesanan Anto dan Elaine Marden, klien asal Hongkong, itu menelan biaya USD 15 juta (sekitar Rp 137,17 miliar). Kapal yang didesain John Shuttleworth Yacht Designs tersebut dirakit McConaghy Boats di Zhuhai, Provinsi Guangdong, selatan Tiongkok.

Memiliki panjang 42,5 meter dan lebar 16 meter, total berat kapal pesiar futuristik itu mencapai 52 ton. Kapal pesiar yang terbuat dari fiber karbon tersebut dilengkapi dengan berbagai perabotan mewah. Selain ruang makan dan lounge yang nyaman, Adastra memiliki saloon atau semacam bar (ruangan khusus untuk minum-minum).

Tidak hanya memiliki desain elegan dan interior yang wah, Adastra juga dilengkapi mesin yang tangguh. Sebuah mesin Caterpillar C18 berkekuatan 1150HP dan dua mesin Yanmar berkekuatan 110HP. "Kapal ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 22,5 knots," ungkap sumber kepada Daily Mail. Daya jelajah superyacht mewah itu, konon, bisa mencapai sekitar 4 ribu mil laut.

Majalah Boat International menyatakan bahwa Adastra mampu melakukan perjalanan atau berlayar dari Inggris ke New York, Amerika Serikat (AS). "Adastra akan menjadi perintis lahirnya generasi baru kapal pesiar jarak jauh yang efisien," tulis majalah itu.

Apalagi, sistem navigasi kapal yang bisa mengangkut sembilan penumpang dan enam kru tersebut cukup mudah. Bahkan, Adastra bisa dikendalikan dengan iPad Apple dari jarak sekitar 50 meter.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar