Selasa, 15 Mei 2012

Microsoft Virtual Academy - Media Pembelajaran Online GRATIS


Mau belajar IT yang terkait dengan produk dan teknologi Microsoft secara GRATIS ?

Silakan manfaatkan Microsoft Virtual Academy (MVA), sebuah layanan pembelajaran online GRATIS dari Microsoft !


Fokus utama MVA adalah mengenalkan tentang apa itu teknologi Cloud dari Microsoft, hal ini dengan pertimbangan bahwa teknologi Cloud Computing yang memang sedang menjadi tren saat ini. Namun disamping materi-materi pembelajaran tentang Cloud tersebut, tentunya masih banyak materi-materi pembelajaran lainnya yang disediakan, dari mulai materi tentang Operating System, Database Server, hingga Network Infrastructure. Bahkan materi pembelajaran untuk Windows Server 8 yang produknya sendiri belum dirilis juga sudah tersedia!


Semua materi pembelajaran online yang terdapat pada MVA memiliki point. Semakin banyak materi yang kita pelajari maka semakin banyak point yang akan kita dapatkan. Dari hasil pengumpulan point ini maka kita akan memiliki level atau jenjang ke tingkat Bronze, Silver, Gold hingga Platinum. Jenjang ini ditujukan agar kita dapat melihat kemajuan yang dicapai dari pembelajaran ini. Semua materi yang telah dipelajari, point yang berhasil dikumpulan hingga jenjang yang berhasil kita raih, dapat kita pantau pada sebuah halaman informasi statistik yang jelas. Hal-hal seperti ini membuat kita seakan-akan sedang belajar pada sebuah sekolah / kampus virtual.


Nah.. tertarikah Anda untuk mulai mempelajari materi-materi pembelajaran yang mungkin bisa membuat Anda menjadi seorang ahli IT-Professional? Silakan segera mendaftar ke situs resmi MVA di URL berikut ini: Microsoft Virtual Academy - Free Microsoft Technologies Training


01. Panduan Singkat Pendaftaran

Bagi yang tertarik untuk mulai belajar secara online di situs MVA ini, berikut adalah panduan singkat pendaftarannya.

Mendaftar ke Layanan Live-ID
Untuk bisa mengakses MVA, maka Anda harus memiliki account Live-ID. Jika Anda sudah memilikinya, maka Anda boleh melewati bagian ini. Namun jika belum punya, Anda bisa mendapatkannya secara mudah dan tentunya GRATIS di URL berikut ini: http://bit.ly/LiveID-Register

Di situs tersebut, tinggal masukan data-data yang diperlukan termasuk alamat email Anda. Lalu lakukan aktivasi untuk mulai menggunakan account Live-ID Anda.

Mendaftar ke Microsoft Virtual Academy
Setelah Anda memiliki account Live-ID, masuklah ke situs utama MVA di URL berikut ini: Microsoft Virtual Academy - Free Microsoft Technologies Training

Tunggu hingga halaman pembuka situs MVA ditampilkan. Berikutnya di sudut kanan atas halaman tersebut, klik tombol Sign In. Dan Anda tinggal mengikuti tahapan-tahapan yang diberikan hingga proses registrasi selesai. Untuk pendaftaran ini, usahakan jangan mengisikan informasi yang asal-asalan / dummy data. Tapi gunakanlah nama asli Anda. Karena hasil atau pencapaian materi yang Anda dapatkan di MVA ini kemudian bisa Anda publikasikan yang mungkin bisa menjadi salah satu rujukan saat Anda hendak melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan 

Setelah proses pendaftaran selesai, untuk mulai mengikuti pembelajaran, Anda tinggal meng-klik link View the list of available tracks di bagian In progress. Dan pada halaman berikutnya yang ditampilkan, Anda dapat memilih materi apa yang hendak Anda pelajari. Materi-materi ini tentunya tidak harus Anda ambil secara berurutan alias bisa Anda ambil dengan bebas. Sebagai contoh, disini saya mencoba memilih materi pembelajaran Deploying Windows 7. 


Dan berikutnya tinggal siapkan secangkir kopi hangat, cemilan ringan bahkan beberapa batang rokok untuk mulai mengikuti pembelajaran yang disampaikan 



02. Sajian Materi

Bahan-bahan pembelajaran pada MVA disajikan dalam beragam format materi, diantaranya adalah:

Video E-Learning


Dokumen dalam format PDF


Dokumen Online via Technet



03. Self-Assessment Test

Setelah Anda mempelajari semua materi pada satu topik tertentu, maka berikutnya Anda dapat mengikuti Self-Assessment Test atau sebuah kuis / ujian sederhana. Ujian ini berisikan soal-soal yang terkait dengan materi yang telah Anda pelajari, bentuknya adalah multiple-choice atau pilihan ganda.


Setelah selesai, hasilnya akan langsung ditampilkan. Jika Anda belum lulus maka Anda dapat me-review soal-soal tersebut lalu mengulang kembali ujian. Dan jika lulus tentunya Anda dapat melanjutkan ke materi lainnya.


Tujuan dari Self-Assessment Test ini jelas untuk menguji, sampai dimana pemahaman kita terkait dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya.


04. Sertifikat Bukti Keikutsertaan

Setelah mengikuti Self-Assessment Test dan dinyatakan lulus, maka Anda akan mendapatkan sebuah bukti berupa sertifikat keikutsertaan dalam format digital (PDF). Contoh sertifikat yang bisa Anda dapatkan dapat dilihat pada gambar berikut ini.



05. Penutup

Demikian sekedar info singkat tentang MVA ini, mudah-mudahan ada gunanya bagi siapa saja yang kebetulan nyasar ke thread ini. Dan akhir kata, selamat belajar dan bersiaplah menjadi seorang ahli IT-Professional!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar