Selasa, 15 Mei 2012

3 Orang Penting Dalam Pembuatan Game


Sajianberita - Saat ini dunia gaming industri di Indonesia sudah berkembang pesat, apalagi untuk game online. Sayangnya sampai saat ini belum banyak game buatan developer di Indonesia yang mempunyai kepopuleran yang sama dengan game buatan developer Korea atau China.


Untuk para gamer yang ingin bergabung di perusahaan developer game dengan harapan kedepannya Indonesia bisa membuat game sendiri yang bermutu dan berkualitas untuk dimainkan oleh gamer di Indonesia. 




Game8 ingin membantu dengan memberikan informasi bermutu mengenai ilmu atau keahlian apa saja yang dibutuhkan untuk bekerja di perusahaan developer game itu?

1. Game Designer 

Game Designer adalah salah satu posisi yang sering diincar olehgame maker. Game designer berbeda dengan game programmer.Game designer bertanggung jawab untuk membuat, merencanakan dan mengelola desain semua sistem permainan dan fitur game mulai dari pra-produksi sampai pada rilis game tersebut. 

Semua rancangan desain gameplay dan sistem nantinya akan dikelola oleh game programmer. Makanya game designer merupakan posisi yang banyak di idamkan para gamer. Menjadi seorang game designer memang tidak memerlukan keahlian khusus, tapi merupakan posisi yang menuntut kematangan kita dalam professional gaming industry karenaharus merancang dan merencanakan game desainsecara berkala. 

Selain itu game designer juga harus memiliki sifat kerja sama dan tanggung jawab tinggi karena harus mengawasi pekerjaan tim lain dalam proses pengembangan game tersebut.



2.Game Programmer
Game programmer bertugas membuat mekanisme inti game, mengatur sistem dan gameplay sesuai dengan arahan dari game designer. Sebagai game programmer, skill yang sering dituntut oleh beberapa developer adalah ahli dalam program Borland C++.

Game mobile akan dituntut untuk familiar dengan Java , tapi ada beberapa juga yang menuntut familiar dengan game engine tertentu seperti Unreal Engine atau CryEngine. Sebagai game programmer, sebagian developer jugamenuntut agar kamu mengerti tentang AI dan combat programming serta scripting.



3. Game Animator / Visual Effects Artist
Game animator bertugas menciptakan animasi dan special visual efek yang dinamis, mendesain dan implementasikan core grafik dan shaders. Bisa membuat grafik yang realities berdasarkan refrensi. Skill yang biasa di tuntut para developer untuk game developer adalah Familiar dengan Maya dan DirectX 9 ++.




Beberapa developer juga menuntut animator untuk memahami betul – betul core grafik dan pengembangan shader dari suatu konsol misalnya PS3 atau Xbox 360. Selain 3 job diatas sebenarnya masih banyak lagi job untuk bidang pengembangan game, tapi 3 job diatas merupakan yang job utama menurut Game8 karena job tersebut merupakan tonggak berdirinya suatu game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar