Kamis, 24 Mei 2012

Selalu Mandi Keringat? Inilah Penyebabnya




Keringat (inmagine)
Sajianberita - Jika Anda menderita masalah keringat berlebih, maka Anda tidak sendiri. Sekitar dua persen dari populasi dunia menderita gangguan hiperhidrosis, istilah medis untuk keringat berlebihan. Di beberapa bagian tubuh keringat muncul lebih banyak dibandingkan kebutuhan fisiologis yang seharusnya.


Berkeringat merupakan prosedur penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Fungsinya, mengendalikan tingkat suhu dan air dalam tubuh. Keringat akan keluar saat suhu lingkungan panas, saat olahraga, makan makanan panas atau pedas, dan lainnya. Bagi orang dengan hiperhidrosis, mereka cenderung berkeringat berlebihan dari semua bagian tubuh seperti ketiak, tangan, kaki, dahi, dan wajah.

Ada dua tipe hiperhidrosis, yakni primary hyperhidrosis dan secondary hyperhidrosis.Primary hyperhidrosis merupakan keadaan berkeringat berlebih secara alami. Sementara,secondary hyperhidrosis adalah keringat berlebih karena problem kesehatan ataupun mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Menurut para pelaku medis, bukan jumlah keringat yang menjadi masalah, tetapi dampaknya pada tubuh dan aktivitas sosial. Keringat berlebih bisa terjadi kapan saja. Ketika tidur, gelisah atau bahkan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Sayangnya, banyak penderita tidak menyadari faktor pemicunya.

Penyebab keringat berlebihan dapat bervariasi berdasarkan fungsional, emosional, faktor sosial dan psikologis. Hal ini dapat dilihat dari sistem saraf simpatik. Bagian otonom dari sistem saraf ini menyebabkan peningkatan denyut jantung, tingkat kecemasan, tekanan darah sehingga menyebabkan aktivitas berlebih pada kelenjar keringat. Umumnya, hal tersebut memengaruhi tangan, kaki dan ketiak.

Untuk mengatasi hal ini beragam pengobatan bisa Anda lakukan. Dari obat oral, lotion, hingga suntik botoks. Bisa juga dengan prosedur operasi. Seperti, simpatektomi thoracic endoskopi, yang merupaka bedah paling populer untuk mengatasi kelebihan keringat di tangan tangan.

Ada juga operasi simpatektomi lumbal yang cukup populer untuk mengatasi keringat berlebih di kaki. Namun, jika Anda merasa belum saatnya melakukan pengobatan, Anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk menghadapi keringat berlebih.

  •  Bawalah selalu handuk kecil Anda. Bersihkan tangan secara tepat waktu.
  •  Ketika berjalan, pastikan tangan Anda tidak berada di dalam kantung celana karena hanya akan membasahi kantung. Dan, penampilan Anda akan rusak karenanya.
  • Sering bersihkan tangan dengan air dingin
  • Gunakan bedak bayi pada seluruh bagian tubuh yang berkeringat segera setelah mandi.
  • Hindari terlalu banyak mengonsumsi soda, teh, kopi, atau bahan lainnya yang memiliki terlalu banyak kafein.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar