Jumat, 11 Mei 2012

Es Krim Sama Adiktifnya Dengan Kokain





Sajianberita - Apakah anda salah satu penggemar es krim? Pernahkah anda mengalami sebuah kondisi dimana anda sangat ingin makan es krim layaknya seperti orang yang sedang kecanduan narkoba? Jika ya, mungkin anda memang sudah kecanduan.

Sebuah studi menemukan bahwa keinginan memakan es krim bisa menjadi begitu kuat dan mirip dengan kondisi dimana mereka mengalami kecanduan obat-obatan.

Dalam penelitian yang ingin membuktikan efek adiktif dari makanan junk food, peneliti menemukan bahwa orang yang terbiasa makan es krim akan terus mengalami sebuah kondisi dimana mereka ingin merasakan kenikmatan yang sama secara terus menerus.

Kondisi ini hampir sama dengan efek dari kokain dan beberapa obat psikotropika lainnya yang masuk dalam kategori A.

Menurut Dr Kyle Burger, salah seorang peneliti yang berasal dari Oregon Research Institute, alasan kecanduan yang dialami disebabkan oleh tingginya kandungan lemak dan gula yang mengubah respon terhadap otak.

"Pola ini (kecanduan es krim) sama terlihat ketika seseorang mengonsumsi obat-obatan. Saat seseorang mengunakan obat-obatan tersebut secara terus menerus, maka semakin kecil rasa 'kenyang' yang mereka terima akibat penggunaannya," katanya seperti yang dikutip Daily Mail, Senin (05/03/2012).

Dalam studi kali ini, Dr Kyle Burger melakukan uji coba terhadap lebih dari 150 remaja yang berusia antara 14 sampai 16 tahun. Sebelum ditanyakan mengenai kebiasaan makan mereka, para sukarelawan diberikan chocolate milkshakes.

Tidak hanya itu, para peneliti juga melakukan scanning terhadap otak mereka saat mereka ditunjukkan gambar milkshakes yang sebelumnya mereka konsumsi.

Menurut penelitian, seluruh sukarelawan sangat menginginkan es krim tersebut, namun saat mereka makan, rasa enak yang dirasakan semakin berkurang. Sebaliknya, dosis asupan es krim harus lebih banyak demi merasakan kenikmatan yang sama saat  pertama kali mereka makan es krim tersebut. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar