Sabtu, 15 Juni 2013

Hantu Abraham Lincoln Bergentayangan Di Gedung Putih

Siapa sangka, rumah dinas Presiden Barack Obama adalah salah satu yang paling berhantu di AS. White House alias Gedung Putih jadi tempat gentayangan tokoh-tokoh terkenal. Hantu Abraham Lincoln adalah yang paling sering menampakkan diri.
Lincoln Bedroom, konon jadi tempat favorit hantu Abraham Lincoln

Gedung Putih pertama ditinggali oleh Presiden ke-2 AS, John Adams. Bersama istrinya yaitu Abigail, mereka tinggal di gedung tersebut mulai 1800. Sejak itu Presiden AS silih berganti tinggal di situ, mulai dari Thomas Jefferson sampai Barack Obama.

Lebih dari 200 tahun, Gedung Putih menyimpan banyak cerita misteri. Salah satunya yang paling terkenal adalah hantu Abraham Lincoln yang konon seringkali menampakkan diri.

Lincoln adalah Presiden ke-16 AS yang meninggal dunia karena dibunuh pada April 1865. Dari situs History yang dikutip detikTravel, Kamis (13/6/2013), sudah rahasia umum hantu Abraham Lincoln gentayangan di Gedung Putih. Penampakannya tak hanya sekali, tapi beberapa kali. Baik yang samar-samar maupun yang sangat jelas.


Banyak staf Gedung Putih yang melihat penampakan Lincoln di lorong lantai 2. Ibu Negara Grace Coolidge, istri dari Presiden ke-30 AS yakni John Calvin Coolidge bahkan pernah melihat hantu Lincoln di Yellow Oval Room. Sosok tersebut sedang berdiri di dekat jendela, memandang ke arah luar.

Penampakan Lincoln yang paling terkenal dialami oleh Ratu Wilhelmina dari Belanda. Waktu itu tahun 1942, Sang Ratu sedang menginap di salah satu kamar di Gedung Putih. Malam hari, dia mendengar suara langkah kaki dari lorong. Disusul oleh ketukan pintu kamarnya.


Ratu Wilhelmina menjawab ketukan tersebut, dia kemudian membuka pintu. Tiba-tiba sosok Abraham Lincoln sudah berdiri di depannya, mengenakan jubah dan topi tinggi yang sering dipakainya.

Mantan Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill juga jadi saksi penampakan hantu Lincoln. Ia memang bolak-balik Gedung Putih selama Perang Dunia II. Pada suatu malam sehabis mandi, ia menghisap cerutu sambil keluar ke kamarnya tanpa busana. Betapa kagetnya Churchill saat mendapati sosok Lincoln sedang duduk di dekat perapian. Ada hantu Lincoln di kamarnya!

Meski Gedung Putih ditinggali banyak orang dan selalu ada petugas jaga 24 jam, nyatanya bangunan ini tetap berhantu. Lincoln bukanlah satu-satunya hantu yang menampakkan diri. Staf Gedung Putih beberapa kali melihat penampakan anaknya, Willie Lincoln, yang meninggal di usia 11 tahun karena tifus.


Di Gedung Putih, Willie Lincoln seringkali menampakkan diri di beberapa area. Tempat favoritnya tentu saja Lincoln Bedroom, selain juga lorong lantai 2 dan Yellow Oval Room. Beberapa area yang juga terkenal angker adalah The Attic, The Rose Garden, The Basement, North Portico, The East Room, The Rose Room, dan kamar-kamar tidur di lantai 2.


Sampai saat ini, Gedung Putih masih melayani kunjungan tur terutama anak-anak sekolah. Beralamat di 1600 Pennsylvania Avenue, tempat ini jadi salah satu gedung favorit wisatawan di Washington DC. 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar