Kamis, 03 Mei 2012

Wafat, Selamat Jalan Menkes Endang Rahayu


Sajianberita - Setelah beberapa lama dirawat di rumah sakit akibat penyakit kanker paru-paru yang dideritanya, mantan menteri kesehatan RI Endang Rahayu Sedyaningsih akhirnya wafat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo hari ini, Rabu (02/05/2012)


Menurut pengumuman yang dilansir oleh Direktur Utama RSCM, Akham Taher, sang Endang meninggal pada pukul 11.41 siang.


Sebelumnya, Endang dideteksi mengidap kanker paru pada medio Oktober 2010 silam, atau tidak lama setelah dirinya ditunjuk menjabat sebagai Menkes. Sejak saat itu, ia mulai menjalani perawatan di rumah sakit Guangzhou, China.


Terakhir, atau tepatnya awal bulan April, Endang Rahayu menjalani perawatan di RSCM. Dan karena kondisi kesehatannya terus menurun, Endang Rahayu kemudian memutuskan untuk meletakkan jabatannya sebagai menteri kesehatan pada tanggal 24 April 2012 kemarin di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang kala itu mejenguknya.


Menurut rencana, jenazah Endang Rahayu dijadwalkan akan dimakamkan di tempat pemakaman umum San Diego Hills, Karawang, esok hari, Kamis (03/05/2012).


Sebelum dimakamkan Jenazah akan disemayamkan ke rumah duka di Jalan Pendidikan Raya III Blok J-55 kompleks IKIP Duren Sawit, Jakarta Timur.


Menanggapi kabar ini, Presiden SBY telah memberikan ucapan bela sungkawanya kepada keluarga. Melalui juru bicaranya Julian Aldrin Pasha, Presiden mengaku sangat berduka.


"Iya, beliau (presiden) sangat berduka atas meninggalnya Menkes," kata Julian kepada wartawan.


Selama karirnya perempuan yang lahir di Jakarta 1 Februari 1955 itu pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Farmasi, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Kesehatan.


Selain itu Endang juga diketahui sempat berkarir di kantor Badan Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar