Jumat, 04 Mei 2012

Rahasia Dibalik Belang-Belang Zebra



Sajianberita - Setiap bagian tubuh baik hewan, manusia maupun tumbuhan pasti memiliki fungsi masing-masing. Apakah anda pernah merasakan penasaran terhadap fungsi dari belang-belang hitam putih pada tubuh Zebra ?

Kini, para penelitian dari Hungaria dan Swedia mengklaim telah menemukan rahasia dari belang-belang hitam putih 'misterius' tersebut. Dalam laporannya di Journal of Experimental Biology, pola belang-belang tajam yang ada di tubuh kuda Zebra bertujuan untuk membuat lalat-lalat tidak tertarik kepadanya.

Kunci dari cara penghindaran ini adalah bagaimana belang-belang tersebut memberikan refleksi cahaya. "Kami memulai penelitian dengan mempelajari kuda hitam, coklat atau putih," jelas Susanne Akesson dari Universitas Lun, anggota dari tim peneliti internasional yang melakukan penelitian ini seperti dilansir dari BBC. "Kami menemukan bahwa pada kuda hitam dan coklat akan didapatkan cahaya horizontal yang terpolarisasi. Efek ini membuat kuda menjadi objek yang sangat menarik bagi lalat.

Cahaya yang terpantulkan oleh lapisan gelap kulit kuda yang terlihat seperti gelombang menarik bagi mata para lalat yang lapar, terlihat seperti cahaya yang datar.

Dr. Akesson dan koleganya menemukan bahwa lalat kuda, atau tabanids sangat tertarik pada pantulan cahaya yang datar. Dengan ditemukannya kecedrungan ketertarikan lalat pada lapisan hitam, tim peneliti kemudian merasa tertarik untuk meneliti mengenai Zebra. Mereka ingin mencari tahu mengenai jenis cahaya apa yang akan dipantulkan oleh warna belang-belang yang ada pada tubuh Zebra dan bagaimana hal ini akan mempengaruhi kegiatan 'menggigit' para lalat yang merupakan musuh paling menyebalkan bagi para kuda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar