Senin, 07 Mei 2012


Siapa Pembeli Minyak Iran di Asia? Ini Dia Daftarnya
Minyak Iran/ilustrasi
Sajianberita - Gelombang sanksi Barat terhadap Iran relatif tidak mempengaruhi tingkat penjualan minyak mentah Iran. Tahun lalu, volume rata-rata ekspor minyak mentah Iran ke pasar dunia sebesar dua juta barel perhari. Tahun inipun tidak mengalami perubahan signifikan.
Pasar minyak mentah Iran ke negara-negara Asia sebesar 62 persen, sedangkan pasokan sisanya sebesar 38 diekspor ke negara-negara Eropa, tulis situs AsrIran Ahad (6/5).
Empat negara pembeli terbesar minyak mentah Iran tahun 2011 adalah Cina, India, Jepang dan Korea Selatan.
Cina dengan volume impor minyak tahun lalu sebesar 557 ribu barel perhari menjadi importir terbesar minyak mentah Iran. Negeri Tirai Bambu itu menjadi salah satu negara yang paling getol menentang sanksi AS terhadap Tehran. Hingga kini, Beijing menegaskan akan tetap mengimpor minyak dari Iran di tengah gencarnya sanksi Barat terhadap Republik Islam.
Menyusul Cina, India bertengger sebagai pembeli minyak mentah terbesar kedua Iran dengan volume melebihi 350 ribu barel perhari. Dalam setahun nilai impor minyak India dari Iran menembus $11 juta. "Sebanyak 40 persen dari pembayaran tersebut dalam bentuk mata uang Rupee," tulis AsrIran.
AS semakin gencar menekan New Delhi supaya mengurangi pasokan minyaknya dari Iran, setidaknya sebesar 25 persen dari volume impor saat ini. Inilah salah satu agenda utama lawatan Menlu AS, Hillary Clinton ke India baru-baru ini.
Di posisi ketiga ditempati Jepang dengan volume pembelian minyak sebesar 313 ribu barel per hari. Namun eskalasi tekanan Washington terhadap Tokyo menyebabkan sejumlah perusahaan energi negara Matahari Terbit itu bertekad mengurangi impornya dari Iran. Sebagai kompensasi dari keseriusan Tokyo, Washington menempatkan Jepang masuk ke dalam 11 negara yang masih diperbolehkan mengimpor minyaknya dari Iran. Namun hingga kini Jepang belum menentukan berapa persen akan mengurangi impor minyaknya dari Iran.
Menyusul ketiga negara Asia itu, Korea Selatan menjadi pengimpor minyak mentah terbesar keempat dengan volume sebesar 239 ribu barel per hari. Di bawah tekanan Washington, Seoul mengurangi pasokan minyaknya dari Iran dalam tiga bulan pertama tahun 2012 sebesar 17 persen.
Di luar ke empat negara itu, Malaysia, Srilanka dan Taiwan merupakan negara Asia pengimpor minyak mentah terbesar dari Iran dengan volume pasokan sebesar 130 ribu barel per hari. Malaysia mengimpor 70 ribu barel per hari. Srilanka membeli minyak dari Iran sebesar 31 ribu barel perhari, dan Taiwan mengimpor sekitar 30 ribu barel per hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar